Desain kemasan merupakah salah satu aspek penting dalam pembuatan suatu produk. Saat ini, manusia dipermudah dengan banyaknya produk yang bisa menunjang keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Mulai dari produk esensial seperti kebutuhan pokok seperti makanan maupun produk kebersihan diri hingga kebutuhan sekunder seperti alat elektronik atau jam tangan.

Kebanyakan produk-produk tersebut dijual dengan menggunakan kemasan. Lalu seberapa penting desain kemasan untuk sebuah produk? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Pengertian Desain Kemasan Produk

Secara umum, produsen akan melakukan beberapa hal untuk memperkenalkan dan mendistribusikan produknya kepada masyarakat luas. Selain iklan, media lainnya yang dapat mempengaruhi bagaimana kesuksesan suatu produk di pasaran adalah desain dan bentuk kemasan produk tersebut.

Butuh kreativitas dan strategi yang tepat  untuk mendesain sebuah kemasan produk. Apabila desain  kemasan tersebut dibuat dengan tepat, kemungkinan besar akan mendorong tingginya minat masyarakat terhadap produk yang dijual. Sehingga, desain dan bentuk kemasan produk ini menjadi penting dan tidak boleh dibuat asal-asalan.

Desain yang unik dan menarik saja tidak cukup, produsen harus bisa membuat konsumen memiliki impresi pertama yang baik terhadap suatu produk lewat kemasannya. Saat ini, ada banyak jasa cetak kemasan custom yang mempermudah produsen untuk membuat kemasan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

Melalui desain kreatif yang sudah disesuaikan dengan identitas dan ciri khas produk, impresi yang unik pada konsumen dapat terbangun dengan baik dan dapat meningkatkan keinginan mereka untuk membeli produk tersebut. Selain membangun impresi yang baik untuk konsumen, desain kemasan produk juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting sebagai berikut.

Fungsi dari Desain Kemasan Produk

1. Melindungi Produk

Agar sebuah produk bisa bertahan lama dalam keadaan tetap terjaga, dibutuhkan kemasan. Hal ini untuk menghindarkan produk dari debu maupun hal lain yang bisa merusak kualitas produk. Apalagi untuk produk yang mudah rusak seperti makanan atau barang pecah belah, adanya kemasan sangat membantu melindungi produk dari kerusakan.

2. Merek dan Identitas

Desain dan bentuk kemasan juga menjadi salah satu upaya branding suatu produk. Dimana produsen berusaha menampilkan merek dan identitas dengan brand kemasan yang sesuai. Karenanya, benar jika ada istilah kemasan adalah identitas brand produk. Oleh karena itu,  kemasan yang bisa memberikan identitas dan cerita produk secara pas adalah yang terbaik.

3. Memberikan Informasi Produk

Selain menjadi identitas, kemasan juga difungsikan sebagai media perantara untuk memberikan informasi suatu produk kepada konsumen. Mereka juga bisa mempertimbangkan akan membeli suatu produk melalui informasi yang ditampilkan pada  kemasan. Untuk itu, informasi yang ada dalam desain kemasan harus tertera dengan jelas, detail, dan tidak menimbulkan keraguan bagi konsumen.

4. Menarik Perhatian Konsumen

Sudah tentu fungsi utama sebuah kemasan adalah menarik perhatian konsumen. Semakin unik, menarik, dan tepat sasaran sebuah kemasan produk, maka perhatian konsumen terhadap produk juga akan meningkat. Didukung dengan istilah bahwa banyak konsumen yang melihat kemasan daripada isinya, sehingga kemasan yang menarik adalah kunci utama dari suatu bisnis.

 

Baca juga: Cetak Kemasan Lebih Mudah dengan Situs Desain Mockup Gratis

Prinsip-prinsip Desain Kemasan Produk

 

1. Kreativitas

Untuk membuat kemasan produk yang tepat, dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Menggabungkan bentuk, warna, tulisan, dan cerita dibalik sebuah kemasan tidak bisa dilakukan begitu saja. Kreativitas yang tinggi akan menghasilkan perpaduan beberapa hal tersebut menjadi sebuah kemasan yang ideal, yang bisa memenuhi fungsi kemasan secara menyeluruh.

2. Efektivitas

Sebuah kemasan produk juga harus efektif. Artinya,  kemasan tersebut bisa menarik minat konsumen, menampilkan informasi produk dengan jelas, dan melindungi produk secara bersamaan. Melalui  cara  yang tepat, mungkin saja produsen bisa mencari strategi yang tepat sasaran dan efektif untuk membuat desain kemasan produk.

3. Autentik

Kemasan bisa menjadi ciri khas sebuah produk, membuat sebuah produk menjadi lebih dipercaya dengan identitas yang autentik. Maka dari  itu, lebih baik jika desain dan kemasan bisa menonjolkan identitas produk namun tetap memenuhi fungsi kemasan secara menyeluruh. Kebanyakan konsumen pun juga akan mengingat sebuah produk karena keunikan dan keaslian  kemasannya.

4. Beda dan Menarik

Menarik atensi konsumen terhadap produk yang dijual juga bisa dilakukan melalui penampilan kemasan produk. Semakin beda dan menarik desain suatu kemasan, maka akan semakin meningkatkan rasa penasaran konsumen. Dampaknya , akan ada peluang besar bagi calon konsumen  untuk membeli produk tersebut. Terlebih, banyak orang yang memiliki sifat ‘lapar mata’ untuk berbelanja hanya dengan melihat kemasan yang unik dan menarik.

5. Kemasan Ramah Lingkungan

Mengusung isu lingkungan yang berkelanjutan, kemasan ramah lingkungan mulai naik pamornya di pasaran. Banyak pula orang yang mendukung gerakan tersebut dan memilih produk dengan paper  packaging sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap  lingkungan. Sehingga, banyak produsen mulai melirik desain kemasan ramah lingkungan atau eco packaging.

Dilihat  dari fungsinya, urgensi penggunaan  kemasan untuk suatu produk sangat penting. Dengan menerapkan prinsip kreativitas, efektivitas, autentik, beda dan menarik, serta ramah lingkungan, kemasan diharapkan bisa memenuhi fungsinya secara menyeluruh.

Fungsi kemasan tidak hanya membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli, tetapi juga dapat menjadi identitas, menampilkan informasi, dan melindungi produk di dalamnya. Jika perusahaan atau bisnis Anda membutuhkan jasa packaging custom yang berkualitas, Risepack adalah solusinya. Kami  dapat membantu produsen dalam membuat packaging produk  yang autentik, menarik, kreatif, efektif, dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip desain kemasan yang baik. Hubungi kami disini!

WhatsApp