Desain kemasan merupakah salah satu aspek penting dalam pembuatan suatu produk. Saat ini, manusia dipermudah dengan banyaknya produk yang bisa menunjang keberlangsungan kehidupan sehari-hari.

Mulai dari produk esensial seperti kebutuhan pokok seperti makanan maupun produk kebersihan diri hingga kebutuhan sekunder seperti alat elektronik atau jam tangan.

Kebanyakan produk-produk tersebut dijual dengan menggunakan kemasan. Lalu seberapa penting desain kemasan untuk sebuah produk? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

 

Pengertian Desain Kemasan Produk

Secara umum, produsen akan melakukan beberapa hal untuk memperkenalkan dan mendistribusikan produknya kepada masyarakat luas.

Selain iklan, media lainnya yang dapat mempengaruhi bagaimana kesuksesan suatu produk di pasaran adalah desain dan bentuk kemasan produk tersebut.

Butuh kreativitas dan strategi yang tepat  untuk mendesain sebuah kemasan. Apabila desain dibuat dengan tepat, dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk yang dijual. Sehingga, desain dan bentuk kemasan produk ini menjadi penting dan tidak boleh dibuat asal-asalan.

Desain yang unik dan menarik saja tidak cukup, produsen harus bisa membuat konsumen memiliki impresi pertama yang baik terhadap suatu produk lewat kemasannya.

Saat ini, ada banyak jasa cetak kemasan custom yang mempermudah produsen untuk membuat kemasan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

Melalui desain kreatif yang sudah disesuaikan dengan identitas dan ciri khas produk, impresi yang unik pada konsumen dapat terbangun dengan baik.

Selain membangun impresi yang baik untuk konsumen, desain kemasan produk juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting sebagai berikut.

 

Fungsi Penting Kemasan dengan Desain yang Menarik

 

ilustrasi pemilik bisnis sedang merancang desain kemasan produk yang menarik

 

1. Melindungi Produk

Agar sebuah produk bisa bertahan lama dalam keadaan tetap terjaga, dibutuhkan kemasan. Hal ini untuk menghindarkan produk dari debu maupun hal lain yang bisa merusak kualitas produk.

Terlebih lagi untuk produk yang mudah rusak seperti makanan atau barang pecah belah, adanya kemasan sangat membantu melindungi produk dari kerusakan.

 

2. Merek dan Identitas

Desain dan bentuk kemasan juga menjadi salah satu upaya branding suatu produk. Banyak pebisnis berlomba-lomba menampilkan desain visual yang menarik pada kemasan produknya.

Oleh karena itu, istilah kemasan sebagai identitas produk menjadi benar adanya. Kemasan yang bisa memberikan identitas dan cerita produk secara tepat adalah yang terbaik.

 

3. Memberikan Informasi Produk

Selain menjadi identitas, kemasan juga difungsikan sebagai media perantara untuk memberikan informasi produk secara efektif.

Konsumen juga bisa mempertimbangkan akan membeli suatu produk melalui informasi yang ditampilkan pada  kemasan.

Oleh sebab itu, informasi yang ada dalam desain kemasan harus tertera dengan jelas, detail, dan tidak menimbulkan keraguan bagi konsumen.

 

4. Menarik Perhatian Konsumen

Sudah tentu fungsi utama sebuah kemasan adalah menarik perhatian konsumen. Semakin unik dan menarik sebuah kemasan produk, maka perhatian konsumen terhadap produk juga akan meningkat.

Hal ini sejalan dengan istilah bahwa banyak konsumen yang melihat kemasan daripada isinya, sehingga kemasan perlu dibuat semenarik mungkin.

 

Baca juga: Cetak Kemasan Lebih Mudah dengan Situs Desain Mockup Gratis

Prinsip-prinsip Desain Kemasan Produk

1. Kreativitas

Untuk membuat kemasan produk yang tepat, dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Menggabungkan bentuk, warna, tulisan, dan cerita dibalik sebuah kemasan tidak bisa dilakukan begitu saja.

Kreativitas yang tinggi dapat menghasilkan perpaduan beberapa hal tersebut menjadi sebuah kemasan yang ideal, yang bisa memenuhi fungsi kemasan secara menyeluruh.

 

2. Efektivitas

Sebuah kemasan produk juga harus dibuat menjadi lebih efektif. Artinya,  kemasan harus dapat menarik minat konsumen, menampilkan informasi produk dengan jelas, dan melindungi produk secara bersamaan.

Melalui  cara  yang tepat, mungkin saja produsen bisa mencari strategi yang tepat sasaran dan efektif untuk membuat desain kemasan produk.

 

3. Autentik

Kemasan bisa menjadi ciri khas sebuah produk, membuat sebuah produk menjadi lebih dipercaya dengan identitas yang autentik.

Maka dari  itu, lebih baik jika desain dan kemasan bisa menonjolkan identitas produk namun tetap memenuhi fungsi kemasan secara menyeluruh.

Kebanyakan konsumen pun juga lebih mudah mengingat sebuah produk melalui keunikan dan keaslian kemasannya.

 

4. Beda dan Menarik

Menarik atensi konsumen terhadap produk yang dijual juga bisa dilakukan melalui penampilan kemasan produk.

Semakin beda dan menarik visual dari sebuah kemasan, maka rasa penasaran konsumen akan meningkat. Hasilnya, akan ada peluang besar bagi calon konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Terlebih, banyak orang yang memiliki sifat ‘lapar mata’ untuk berbelanja hanya dengan melihat kemasan yang unik dan menarik.

 

5. Kemasan Ramah Lingkungan

Mengusung isu lingkungan yang berkelanjutan, kemasan ramah lingkungan mulai naik pamornya. Banyak masyarakat yang mendukung gerakan tersebut dengan memilih paper packaging sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, saat ini banyak produsen mulai berkomitmen untuk membuat kemasan ramah lingkungan dengan desain yang menarik.

Dengan menerapkan prinsip kreativitas, efektivitas, autentik, beda dan menarik, serta ramah lingkungan, kemasan diharapkan bisa memenuhi fungsinya secara menyeluruh.

Pada akhirnya, kemasan tidak lagi hanya berfungsi untuk melindungi produk. Akan tetapi, kemasan juga dapat menjadi identitas, media informasi, dan sarana promosi yang efektif.

Jika perusahaan atau bisnis Anda membutuhkan packaging custom dengan desain custom, Risepack dapat menjadi solusinya.

Kami  dapat membantu Anda dalam membuat packaging produk yang menarik dan ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan. Klik disini untuk menghubungi kami.

WhatsApp