Pernah mendengar tentang contoh marketing mix? Istilah tersebut sering digunakan di dunia marketing atau pemasaran yang dikenalkan pertama kali oleh seorang akademisi bernama Jerome McCarthy.

Konsep ini penting diketahui bagi pengusaha dalam menjalankan bisnis dan memasarkan produk atau jasanya.

Apa Itu Marketing Mix dalam Bisnis?

Marketing mix atau bauran pemasaran ialah konsep penting dalam suatu bisnis atau usaha yang awalnya terdiri dari 4P atau product, price, place, dan promotion.

Seiring berjalannya waktu, konsep pemasaran ini berkembang menjadi elemen 7P atau product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

Konsep ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis lama dengan mengembangkan bisnis baru.

Mengupas Tuntas Marketing Mix 4P dalam Bisnis Produk Makanan

1. Produk Makanan yang Menggugah Selera

Dalam menerapkan marketing mix pada produk kuliner, Anda perlu menganalisa kebutuhan masyarakat terhadap produk tersebut terlebih dahulu.

Hal ini penting dilakukan untuk menentukan produk apakah yang hendak dijual, sehingga dapat diketahui keuntungannya.

Contoh marketing mix produk makanan, kebutuhan masyarakat di daerah pegunungan yang tentu akan cenderung memilih makanan hangat, seperti bakso.

2. Harga yang Sesuai Target Konsumen

Setelah menganalisis produk yang akan dijual, selanjutnya Anda bisa menerapkan marketing mix dengan menetapkan harga.

Perlu dicatat bahwa teknik ini perlu memperhatikan demografi dan psikologi konsumen.

Hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor kebutuhan serta kekuatan finansial yang dimiliki pelanggan, termasuk tipe pekerjaan dan lingkungan tempat tinggalnya.

Sebab, ada tipe konsumen yang mungkin tidak memiliki cukup uang, tetapi karena butuh mereka berusaha membelinya.

3. Promosi yang Menarik Perhatian

Dalam marketing mix, promosi juga tidak kalah penting diperhatikan karena bertujuan untuk mendongkrak penjualan.

Strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara khususnya melalui media internet. Anda bisa mengadakan program harga promo atau pembelian barang dengan sistem poin untuk menarik perhatian publik.

4. Tempat Berjualan yang Strategis untuk Menjangkau Konsumen

Lokasi usaha ialah tempat dimana Anda menjual produk atau jasa dari bisnis yang dijalankan.

Lokasi ini merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi penjualan agar sesuai target pasar.

Untuk memutuskannya, Anda bisa menganalisis permintaan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Hal ini juga berhubungan dengan aspek produk dan harga jual.

Baca Juga: Contoh Branding Produk Makanan dan Tips Membangun Brand yang Baik

Menyatukan Semua Elemen: Contoh Marketing Mix 7P Produk Makanan

ilustrasi marketing mix 7p

1. Product (Produk)

Pada konsep produk, perhatikan fungsi yang diperoleh pelanggan dari bisnis suatu perusahaan. Agar berhasil, Anda perlu merencanakan ide tentang fitur atau ciri khas produk.

Contoh marketing mix produk ini mencakup pengemasan, desain, kualitas, nama produk, dan penggantian produk jika makanan terjadi kerusakan.

2. Price (Harga)

Harga atau price ialah nilai yang ditawarkan dalam suatu produk makanan. Hal ini sangat penting karena jika harganya terlalu rendah maka laba yang diperoleh cenderung sedikit.

Jika harganya tinggi, ketertarikan konsumen juga terbatas. Maka dari itu, perlunya menetapkan harga yang sebanding dengan produk Anda.

3. Place (Tempat)

Tempat dalam konsep marketing mix ialah saluran distribusi yang mengacu pada lokasi tersedianya produk yang dipasarkan.

Contoh marketing mix tempat mencakup lokasi persediaan, fasilitas penyimpanan, distribusi produk, hingga ketersediaan stok barang.

Pemilihan lokasi yang strategis membuat Anda memperoleh keuntungan lebih besar.

4. Promotion (Promosi)

Selanjutnya, Anda bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk kuliner Anda dengan promosi.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan mulai dari pemasangan iklan, desain kemasan produk hingga besarnya nilai unique selling point (USP) dalam menarik perhatian konsumen.

Contoh marketing mix promosi yakni diskon, beli 1 gratis 1 atau memberikan diskon 50%.

5. People (Orang)

People ialah orang yang terlibat dalam interaksi dengan konsumen. Sosok ini bisa berupa karyawan yang bekerja di bisnis Anda.

Sangat penting untuk memilih karyawan yang jujur, teliti, dan kompeten agar mampu melayani konsumen secara profesional.

Selain itu, people juga faktor penentu keberlanjutan dari bisnis Anda.

6. Process (Proses)

Proses ialah kebijakan, sistem, dan prosedur yang berjalan dalam suatu bisnis untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Anda perlu menyediakan standar pelayanan yang efektif dan konsisten.

Marketing mix proses perlu dipantau dan dievaluasi agar berjalan dengan baik. Jangan sampai ada proses yang justru menghambat atau merugikan perusahaan maupun konsumen.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Setelah sistem dan prosedur sudah dipastikan dapat berjalan dengan baik, kini waktunya Anda membangun hubungan interaksi dengan konsumen untuk menciptakan kedekatan.

Konsep physical evidence dilakukan untuk menjual produk makanan yang Anda tawarkan menjadi lebih mudah.

Anda juga bisa memperhatikan penampilan karyawan. Sebab, tidak jarang penampilan fisik mempengaruhi keputusan pembeli. Penampilan menarik mencakup sopan, bersih, dan rapi.

Hal inilah yang menambah nilai plus citra perusahaan yang baik di mata konsumen.

Konsumen pun akan membagikan pengalamannya setelah membeli produk Anda kepada orang lain, sehingga bisnis yang Anda jalankan dikenal lebih luas.

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda sudah paham mengenai contoh marketing mix bisnis untuk usaha dengan produk makanan.

Hal ini penting diketahui agar Anda dapat mengembangkan bisnis secara efektif, serta meningkatkan keuntungan penjualan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai konsep marketing mix, salah satu yang perlu diperhatikan dengan baik adalah produk.

Untuk meningkatkan kualitas dari produk makanan yang dijual, ada baiknya perlu memperhatikan kemasan yang dipakai. Kemasan yang berkualitas dengan bahan foodgrade dapat menjaga kualitas produk makanan dengan baik.

Sebagai salah satu perusahaan kemasan custom dengan pelayanan after sales terbaik, Risepack dapat menjadi solusi kebutuhan kemasan makanan bisnis Anda.

WhatsApp