Seperti yang diketahui bahwa kemasan seperti box parfum berfungsi sebagai pelindung produk.

Selain itu, kemasan dengan desain yang menarik juga akan memberikan nilai tambah terhadap brand terutama untuk produk kosmetik, skincare, ataupun parfum.

Oleh karena itu, pemilihan desain dan bahan kemasan parfum yang baik harus dipertimbangkan.

Berikut ini adalah keuntungan penggunaan box packaging untuk produk parfum.

Pentingnya Memiliki Desain Box Parfum untuk Brand

Sebagai pemilik brand parfum, Anda pasti tahu bahwa nilai persaingan kini tidak hanya bergantung pada kualitas produk tetapi juga pada branding di pasaran.

Tujuan dari proses branding tersebut adalah agar produk mampu menarik perhatian calon pelanggan.

Dalam hal ini, kemasan dianggap sebagai salah satu elemen penting yang tidak bisa diabaikan saat menjual produk parfum.

Kemasan nantinya dapat menjadi nilai tambah serta memberikan efek psikologis tertentu bagi konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk Anda.

Biasanya, unsur yang membedakan pada setiap kemasan parfum yaitu mulai dari logo, font dan juga warna cetak.

Unsur-unsur tersebut menjadi bagian yang mewakili produk yang dijual serta berkaitan erat dengan identitas dan citra perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Kemasan Kotak Parfum Unik & Menarik

1. Meningkatkan Nilai Jual Produk

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh dari pemilihan box parfum terbaik yaitu dapat menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan nilai jual.

Kemasan yang menarik dari produk parfum yang dibuat perlu memuat informasi produk yang mudah dilihat, dibaca, dan dipahami oleh pelanggan.

Karena dari perspektif ini, pelanggan dapat mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut atau tidak.

2. Memperkuat Brand Perusahaan

Box packaging  yang menarik memang dianggap sebagai bagian dari brand perusahaan, sama halnya dengan custom box parfum.

Desain box yang informatif mampu menciptakan interaksi yang baik dengan audiens target pasar Anda.

Kemasan dengan visual menarik juga secara tidak langsung akan berpengaruh positif terhadap peningkatan minat beli dan menjaga loyalitas pelanggan untuk tetap menggunakan produk parfum yang ditawarkan.

3. Menarik Minat Konsumen Lebih Luas

Pembuatan kemasan yang unik dan menarik juga merupakan cara membuat brand image perusahaan yang positif di mata konsumen.

Berdasarkan hal tersebut, maka perusahaan perlu membuat kemasan atau box yang berkualitas sebagai komitmen profesionalisme perusahaan dalam menjaga kualitas dan memaksimalkan kebutuhan pelanggan.

Hal ini tentu saja tidak boleh dilewatkan dan diabaikan.

Strategi untuk branding yang memungkinkan menarik banyak calon pelanggan, Anda bisa menggunakan media iklan cetak melalui  desain kemasan produk parfum yang dijual.

Box parfum yang menarik dapat dibuat dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset ini berkaitan dengan bentuk botol, komposisi warna, desain, dan model box parfum seperti apa yang lebih disukai pelanggan.

4. Pembeda dengan Produk Lain

Kemasan parfum yang unik dan kreatif dapat membedakan produk Anda dari produk pesaing lain, meskipun barang/produk yang ditawarkan sama.

Hal ini juga akan memudahkan pembeli untuk mengenali brand parfum Anda, karena setiap produk mencerminkan citra perusahaan/bisnis.

Baca Juga: Portofolio Hardbox Parfum Sekat Premium Nouscent

 

Cara Memilih Box Parfum yang Tepat untuk Produk Parfum Anda

1. Gunakan Ukuran yang Tepat

Selain membangun branding, penggunaan ukuran kemasan yang tepat juga harus diperhatikan. Ukuran box harus disesuaikan dengan botol parfum yang akan dikemas.

Misalnya jika Anda membuat parfum saku, maka memang perlu mendesainnya dengan ukuran kecil agar muat di saku dan bisa dibawa kemana saja.

Selain itu, ukuran dus parfum yang pas dapat menjaga produk Anda dari guncangan.

2. Pilih Skema Warna yang Selaras dengan Brand

Kemasan menarik dari suatu brand parfum juga dinilai sebagai ciri khas yang akan menggambarkan perusahaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mencocokkan skema warna kemasan tersebut dengan karakter brand untuk menentukan desain kemasan yang tepat.

Misalnya merek parfum yang dijual memiliki target pasar wanita dewasa, maka warna yang cocok yaitu merah, emas, atau warna gelap yang elegan.

3. Perhatikan Bentuk Kemasan Botol Parfum

Selain box luarnya, bentuk botol kemasan parfum yang digunakan juga dapat mencerminkan karakter calon pelanggan,  jika mempunyai bentuk yang unik serta menarik sesuai dengan deskripsinya.

Contohnya bentuk parfum oval atau lonjong (lellabo) yang mampu menarik perhatian wanita. Botol berbentuk silinder atau persegi panjang bisa melambangkan parfum maskulin bagi pria.

4. Sesuaikan dengan Tipe Botol

Kemasan box parfum menarik juga perlu disesuaikan dengan jenis botol yang digunakan.

Jadi jika Anda memilih botol unik dengan bentuk oval atau persegi panjang, maka perlu menggunakan bentuk box kemasan yang sesuai.

Kesesuaian box packaging luar dengan botol parfum di dalamnya  ini akan menarik banyak pelanggan, terlebih ketika desainnya tergolong unik dan ‘out of the box’.

5. Pertimbangkan Kualitas Bahan

Tips terakhir yang perlu diperhatikan saat menentukan jenis box parfum yaitu dengan mempertimbangkan kualitas bahan yang digunakan.

Pastikan bahwa box bisa bertahan dalam waktu lama sehingga mampu menjaga kualitas botol dan produk di dalamnya dengan baik. 

Pemilihan kualitas bahan seringkali dikesampingkan, padahal hal ini menjadi salah satu faktor ketertarikan bagi calon pelanggan untuk membeli produk.

Salah satu rekomendasi bahan box parfum yang dapat digunakan adalah kertas atau kardus. Alasannya adalah kemudahan dalam mencetak desain custom dan mudah didaur ulang.

Kesimpulan

Segala aspek yang disebutkan diatas merupakan suatu hal yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam pemilihan box packaging yang tepat untuk produk parfum.

Selain melihat keuntungannya, Anda juga perlu memahami bagaimana cara menentukan jenis box yang tepat dan layak digunakan untuk produk parfum.

Semua hal ini perlu dilakukan dengan mempertimbangkan target pasar produk parfum yang dijual.

Jika masih bingung dalam menentukan box parfum yang tepat untuk bisnis/brand Anda, dapat berkonsultasi dengan menghubungi tim kami.

WhatsApp