Kemasan produk dapat menjadi identitas brand. Semakin unik dan atraktif kemasan yang Anda gunakan untuk produk, maka konsumen pun akan lebih mudah mengingatnya.

Bahkan kemasan ini bisa menjadi nilai pembeda untuk produk Anda dari produk lainnya di pasaran.

Oleh sebab itu, yuk kenali jenis jenis kemasan produk yang umum digunakan untuk bisnis.

Jenis-jenis Kemasan Produk Berdasarkan Fungsinya Secara Umum

1. Primer

Berdasarkan fungsinya, kemasan produk secara umum terbagi menjadi tiga kategori.

Pertama yaitu kemasan primer, yakni kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk yang dibungkus untuk melindunginya dari kontaminasi.

Contoh dari kemasan primer antara lain botol air minum dalam kemasan, standing pouch, bungkus kebab, hingga paper lunch box dan food pail untuk makanan takeaway.

2. Sekunder

Jenis yang kedua yaitu kemasan sekunder. Kemasan ini tidak bersentuhan langsung dengan produk, sebab fungsinya adalah untuk melindungi kemasan primer dari kerusakan.

Selain itu, kemasan sekunder juga sering digunakan sebagai display box di etalase toko.

Contoh kemasan sekunder yang umum dijumpai yaitu. box parfum, dus packaging skincare, rigid box, dan kardus karton duplex.

3. Tersier

Jenis kemasan produk ketiga berdasarkan fungsinya secara umum yaitu kemasan tersier.

Kemasan tersier berperan sebagai pelindung terluar setelah kemasan sekunder dan seringnya digunakan dalam pengiriman produk.

Contoh kemasan tersier diantaranya polymailer, bubble wrap, kotak kayu, serta kardus packing berukuran besar.

Jenis Kemasan Produk yang Umum Dipakai Berdasarkan Bahannya

1. Kertas

Kemasan kertas menjadi jenis yang semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Biasanya kemasan berbahan kertas ini digunakan sebagai kemasan untuk produk makanan, karena banyak bahan yang sudah mendapat sertifikasi food grade.

Sehingga, pemakaiannya aman untuk produk makanan, sekaligus dapat melindungi makanan dari kontaminasi debu maupun berbagai kotoran lainnya.

Selain itu, banyak industri manufaktur juga menggunakan kemasan kertas sebagai pembungkus utama produk mereka. Di antaranya seperti box skincare, karton sparepart, hingga kotak-kotak biskuit di supermarket.

Bahan yang digunakan untuk membuat kemasan kertas pun sangat bervariasi, mulai dari ivory, duplex, hingga brown kraft.

Kertas ivory punya sisi luar berwarna putih gading mengkilap sementara sisi dalamnya bertekstur kasar, dengan sifat tebal dan kokoh.

Duplex juga berwarna putih dan bertekstur licin pada sisi cetaknya, sedangkan sisi lainnya berwarna abu-abu agak kasar.

Sementara itu, kertas brown kraft adalah kertas daur ulang yang ramah lingkungan dan sering digunakan sebagai bahan pembuat kantong paper bag.

2. Plastik

Plastik menjadi jenis kemasan produk yang sudah lama digunakan sejak dahulu sampai sekarang.

Biasanya bahan ini dipakai untuk produk snack dan makanan ringan, minuman, deterjen, minyak goreng, aksesoris bayi, bumbu dapur, hingga biskuit.

Kelebihannya, plastik punya ketahanan yang cukup fleksibel di segala kondisi, namun kekurangannya bahan sintetis ini sulit terurai di alam.

3. Karton

Karton sering digunakan sebagai bahan kemasan tersier, yaitu kemasan yang difungsikan untuk distribusi dan pengiriman produk.

Jadi, di dalam kemasan karton ini biasanya masih ada lagi packaging lain yang dipakai untuk membungkus produk secara langsung.

Kelebihan kemasan karton yaitu kemudahannya didesain untuk branding dan memiliki bentuk yang kokoh. Selain itu, karton termasuk ramah lingkungan dan sangat praktis ketika digunakan untuk pengemasan produk.

Bahan dari karton bisa dengan mudah dibentuk menjadi kardus karton, hardbox, karton box, hingga packaging corrugated box.

Secara umum, kemasan karton seperti corrugated box banyak digunakan sebagai kardus pindahan dan kotak packing pabrik manufaktur atau sparepart.

4. Kaleng

Di minimarket maupun supermarket terdekat, Anda pasti bisa melihat jenis jenis kemasan produk yang berupa kaleng.

Adapun produk yang sering dikemas menggunakan kaleng yaitu minuman, kornet, ikan sarden, cat, oli, minyak, hingga bahan kimia.

Karakteristik kemasan kaleng yang kuat dan tahan terhadap lingkungan ekstrem dapat membantu mengawetkan produk di dalamnya.

5. Kaca

Kaca lebih aman digunakan daripada kemasan logam. Hal ini dikarenakan material kaca tidak mudah bereaksi dengan bahan atau produk yang dikemas.

Penggunaannya memberikan kesan yang mewah. Kemasan ini juga bisa dipakai kembali setelah dibersihkan. Akan tetapi, kemasan kaca cenderung mudah pecah saat terkena benturan.

Seringnya, packaging kaca digunakan sebagai kemasan produk botol seperti minuman suplemen kesehatan, botol susu, hingga botol kecap.

Kemasan toples kaca juga umum digunakan untuk menyimpan kue lebaran di rumah-rumah.

Baca juga: Kenali 5 Model Kemasan Makanan Paling Populer untuk Bisnis FnB

Alasan Penting Memilih Kemasan Kertas

Dibandingkan dengan jenis kemasan plastik, kemasan kertas kini semakin digemari oleh para pelaku bisnis.

Bukan tanpa alasan, sebab kemasan kertas dinilai punya banyak keunggulan yang tidak dapat ditemukan pada material lainnya.

Salah satunya adalah bahan ini relatif lebih ramah lingkungan daripada kemasan plastik. Seperti yang diketahui bahwa saat ini sebagian besar masyarakat sudah mulai sadar terhadap isu lingkungan.

Sehingga kebanyakan orang lebih tertarik terhadap produk yang mendukung pelestarian lingkungan. Alasan inilah yang membuat kemasan berbahan kertas yang mudah didaur ulang punya nilai lebih di mata konsumen.

Selain itu, jenis kemasan produk kertas mempunyai sifat yang fleksibel dan efisien saat disimpan. Jadi, dari segi harga pun tergolong jenis packaging produk relatif terjangkau.

Untuk produk makanan, kemasan kertas juga bisa digunakan dan sudah tersedia bahan yang mendapatkan sertifikasi food grade.

Anda bahkan bisa melakukan branding dengan desain kemasan custom, karena kertas termasuk bahan yang mudah dibentuk dan dicetak.

Sebagai solusi terbaik, Anda bisa custom paper packaging bersama Risepack. Ada banyak model kemasan yang dapat dijadikan pilihan untuk produk bisnis Anda.

Dapatkan gratis konsultasi dan custom sampel di setiap pemesanan agar kemasan yang dibuat benar-benar sesuai kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

WhatsApp