Tren paper packaging semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahukah Anda apa paper packaging itu?

Sesuai dengan namanya, paper packaging (kemasan kertas) adalah jenis kemasan yang menggunakan bahan dasar kertas.

Kertas yang digunakan bermacam-macam jenisnya, mulai dari kertas murni (olahan bubur kayu tanpa campuran bahan daur ulang atau zat aditif), hingga kertas campuran/komposit.

Kertas murni juga dikenal dengan istilah virgin pulp, sedangkan kertas campuran terbagi lagi menjadi kertas ivory, duplex, art carton, kraft, hingga food grade paper.

Mengapa Menggunakan Paper Packaging?

Packaging ramah lingkungan saat ini semakin populer seiring dengan semakin gencarnya kampanye pencemaran lingkungan di seluruh dunia.

Permasalahan sampah plastik yang semakin parah membuat banyak pihak tergerak untuk beralih ke bahan alternatif lain yang ramah lingkungan, salah satunya adalah kemasan berbahan dasar kertas.

Trend penggunaan paper packaging terasa semakin masif sejak Amazon, perusahaan pengiriman terbesar di dunia, menyatakan tidak akan lagi menggunakan kemasan berbahan dasar plastik dan bubble wrap untuk membungkus produk-produknya.

Dengan pengembangan dan penelitian yang semakin masif ini, kemasan kertas dalam jangka panjang diramalkan akan mampu menggeser kemasan plastik di pasaran.

Lalu pertanyaannya, apa yang sebenarnya membuat kemasan kertas ini menjadi begitu diminati di pasaran? Yuk, mari kita ulas lebih jauh.

Keunggulan Custom Paper Packaging

ilustrasi paper packaging custom risepack

Keunggulan utama paper box packaging sebenarnya muncul dari kemampuannya untuk dapat terurai di alam dengan cepat.

Bahan baku paper packaging yang sepenuhnya organik membuat kemasan dengan bahan baku kertas ini dapat diurai di alam tanpa perlu bantuan manusia.

Sehingga kehadiaran kemasan jenis ini diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan sampah yang menghantui selama ini.

Di sisi lain, kehadiran packaging kertas memberikan angin segar juga bagi para pemilik bisnis untuk mendapatkan keunggulan secara kompetitif.

Dengan menggunakan packaging ramah lingkungan, perusahaan bahkan bisa mengklaim dirinya sebagai perusahaan ‘green‘ dan dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dijual.

Selain memberikan nilai tambah, berikut beberapa keunggulan lain dari penggunaan packaging box ini.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Kemasan Produk yang Umum Digunakan untuk Bisnis

1. Kuat dan Aman Digunakan untuk Jangka Panjang

Bahan baku kemasan kertas yang didominasi oleh bahan-bahan organik membuatnya mampu diurai oleh bakteri di alam secara cepat.

Hal ini membuat packaging kertas mampu menjadi solusi atas permasalahan lingkungan yang selama ini terjadi.

Paper packaging juga aman untuk digunakan oleh manusia karena tidak melibatkan bahan-bahan maupun proses produksi yang bisa menghasilkan zat yang dapat membahayakan bagi tubuh.

Hal ini sangat berbeda dengan kemasan plastik yang masih memiliki ancaman bagi kesehatan jika digunakan dalam waktu lama.

Menurut beberapa penelitian, kemasan plastik dapat melepaskan kandungan microplastic ke makanan yang dibungkusnya.

Jika microplastic ini tertelan dan terakumulasi dalam waktu lama, dapat berpotensi menimbulkan kanker.

Apalagi jika tertelan oleh lansia, ibu hamil, atau anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan.

Kualitas kemasan kertas saat ini juga sudah semakin baik seiring dengan hadirnya penelitian-penelitian untuk menghasilkan kemasan berbahan dasar kertas yang berkualitas.

Saat ini, kemasan kertas mulai mampu menyaingi kemasan berbahan dasar plastik, baik dari segi kekuatan, ketahanan, desain, bahkan dari segi biaya produksi dan pengiriman. 

2. Bentuk Kemasan Custom Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Jika Anda mencari kemasan yang dapat dibentuk, dimodifikasi, dan disesuaikan dengan keinginan Anda, maka custom packaging ramah lingkungan ini bisa dijadikan pilihan utama.

Bahan baku kertas yang berbentuk lembaran sangat mendukung untuk dilakukan pemotongan dan penyesuaian desain kemasan.

perusahaan paper packaging custom risepack_1

Selain itu, bahan dasar kertas yang mampu menyerap tinta dan warna membuat kemasan kertas sangat ideal untuk diwarnai sesuai keinginan.

Corak yang muncul pun dapat lebih memikat mata konsumen dibandingkan dengan corak yang melekat pada jenis kemasan lain.

Dengan menggunakan paper box packaging, Anda dapat menarik perhatian konsumen dan membuat produk Anda lebih mudah dikenali.

Baca Juga: Buat Packaging Custom Lebih Awet dengan Laminasi

3. Biaya Produksi Lebih Murah

Proses produksi paper packaging sangat sederhana, meliputi proses layouting, cetak, pemotongan, dan finishing.

Dengan proses yang sederhana ini, biaya produksi yang dibutuhkan terbilang cukup murah, apalagi jika dilakukan dalam jumlah besar.

Selain itu, proses pengiriman kemasan juga dapat dilakukan dengan mudah dan dalam jumlah besar.

Packaging ini dapat dikirimkan dalam bentuk lembaran dan dilipat sesuai kebutuhan, sehingga tidak membutuhkan ruangan yang besar saat pengiriman.

Hal ini membuat proses pengiriman menjadi lebih sederhana dan dapat menghemat biaya.

Dengan kemasan yang elegan, corak yang menawan, serta bentuk yang unik, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Anda juga dapat mulai meningkatkan harga produk seiring dengan kenaikan nilai yang didapatkan oleh produk Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuat paper packaging yang ramah lingkungan untuk meningkatkan nilai jual produk Anda?

Konsultasikan sekarang dengan Tim Risepack dan kembangkan bisnis Anda bersama kami!

Share this post!
WhatsApp