Beberapa waktu terakhir, kehadiran kemasan produk dan makanan menjadi salah satu faktor penting yang wajib dipertimbangkan. Penampilan kemasan dapat mempengaruhi kesan pertama dari calon pembeli.
Alhasil, setiap brand berlomba-lomba untuk menjadikan kemasan produknya paling unik dan menarik. Terdapat beberapa ide dan manfaat memiliki desain packaging yang unik. Simak artikel berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut.
Daftar Isi
Ide Desain Packaging Produk yang Unik dan Menarik
1. Menggabungkan Fungsi dan Estetika dalam Kemasan Produk
Ketika kemasan estetik diimbangi dengan fungsinya, maka akan menjadikan kemasan produk lebih fungsional dan menarik. Salah satu referensi yang bisa menjadi ide menarik adalah desain kemasan saus yang pada bagian tutupnya menyerupai sendok atau pisau oles.
Secara tampilan, desain ini unik karena bentuknya yang tidak umum. Tapi soal fungsi, bentuk yang menyerupai sendok atau pisau oles tersebut bisa membantu mengoleskan saus secara merata.
2. Memanfaatkan Teknologi dalam Desain Kemasan
Jika Anda memiliki produk yang membutuhkan suatu teknologi atau fitur tertentu, bisa saja ide ini diterapkan dalam membuat kemasan custom. Seperti apa contohnya? Salah satu yang cukup umum adalah kemasan makanan reusable dan ovenable.
Tujuannya adalah kemasan yang bisa digunakan lagi dan aman untuk dipanaskan berulang kali menggunakan oven. Biasanya, kemasan yang dapat dipanaskan berulang kali di oven menggunakan bahan yang tahan panas dan bersifat konduktor.
3. Ide Kemasan Kreatif untuk Produk Makanan
Pernahkah Anda melihat kemasan makanan dengan jendela (window) yang memperlihatkan sebagian isinya? Agar lebih kreatif dan unik, Anda bisa mendesain kemasan luar bentuk memiliki jendela unik dengan membuat lubang pada area tertentu.
Seperti kemasan dengan desain pada bagian jendela luar berbentuk seperti rambut wanita, yang menampilkan produk makaroni di dalamnya. Ide ini memberi gambaran unik seakan-akan si wanita memiliki rambut keriting, padahal sebenarnya itu adalah tekstur dari makaroni yang dikemas.
4. Membuat Branding Tersendiri melalui Kemasan Produk yang Menarik
Salah satu aspek yang membuat kemasan menjadi unik adalah konsep branding yang digunakan. Pasalnya setiap konsep branding memiliki nilai unik yang membuatnya berbeda dengan produk yang lain. Anda pun bisa menggunakan branding yang sederhana, namun berkesan untuk menciptakan kemasan unik.
5. Buat Kemasan yang Mempunyai Pesan
Percaya atau tidak, kemasan rokok adalah salah satu contoh kemasan yang mempunyai pesan di dalamnya. Ada informasi mengenai bahaya merokok yang ada di kotak packagingnya.
Anda juga bisa menerapkan ide serupa, namun dengan cara lain yang lebih kreatif. Misalnya, packaging unik susu kedelai bubuk. Buat dengan bentuk dan desain box kemasan menarik, kemudian tambahkan informasi mengenai khasiat minum susu kedelai.
6. Membuat Model Kemasan yang Praktis
Kemasan yang rumit akan membuat pengalaman konsumen terhadap produk Anda berkurang. Selain itu, pembuatan kemasan yang terlalu rumit juga bisa membuat biaya produksi melonjak. Jadi cukup buat kemasan yang praktis dan mudah digunakan, dilengkapi dengan kelebihan seperti anti minyak, ringkas, dan ergonomis.
Contohnya adalah kemasan popcorn berbentuk seperti tenda piramid. Selain tampilannya unik, Anda bisa gunakan sebagai wadah makan hanya dengan membalikkan kemasannya.
Manfaat Menggunakan Packaging Unik
1. Meningkatkan Daya Tarik Produk
Keunikan tampilan dari packaging yang digunakan membuat daya tarik terhadap produk semakin meningkat. Daya tarik ini juga bisa dikaitkan dengan kesan positif atau asumsi yang diberikan oleh calon konsumen yang akan membeli produk Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Peningkatan brand awareness akan semakin baik jika produk dikemas dengan kualitas terbaik. Dibandingkan dengan kemasan polos standar, packaging custom yang unik, penuh warna, dan out of the box akan memiliki kesan tersendiri dan lebih mudah diingat oleh customer Anda.
Hal inilah yang membuat banyak merek besar lebih mudah diingat dan dikenali hanya dengan melihat kemasan produknya.
3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Jika kemasan unik dibuat dengan kualitas yang baik dan fungsional, maka pelanggan pun tentu akan merasa puas. Pelanggan yang merasa puas dengan suatu produk hampir dapat dipastikan akan melakukan pembelian ulang (repeat order) terhadap produk tersebut.
Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan pemilihan packaging unik agar dapat menjaga kepuasan pelanggan.
4. Meningkatkan Keunggulan dan Daya Saing Produk
Salah satu tujuan utama dari pembuatan kemasan unik adalah untuk mencapai pemasaran yang optimal. Pemasaran yang optimal ini berkaitan dengan produk yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor sejenis. Karena itulah, kemasan produk pun harus dibuat dengan serius dan teliti.
Mulai dari ide/konsep, desain, model, hingga ukuran kemasan yang tepat perlu menjadi pertimbangan agar produk yang dijual lebih unggul dan mampu bersaing di pasaran.
Konsultasikan Pembuatan Packaging Produk Secara Profesional
Untuk membuat packaging produk unik dengan hasil maksimal, Anda perlu melakukan konsultasi dengan profesional. Tujuannya, agar konsep packaging custom yang Anda inginkan dapat dibuat sesuai ekspektasi dan dapat digunakan untuk mengemas produk dengan baik.
Risepack adalah salah satu perusahaan packaging custom yang dapat menjadi solusi untuk Anda. Konsultasikan pembuatan packaging unik Anda bersama tim profesional dengan pelayanan terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pembeli potensial, dengan memaksimalkan pembuatan packaging produk terbaik di Risepack.