Guna membangun citra perusahaan serta memperoleh kepercayaan masyarakat, branding produk sangat penting untuk dilakukan.
Branding ini bisa dikatakan sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis, terutama pada bisnis dengan produk makanan.
Branding yang menarik dapat membuat usaha Anda lebih unik dibandingkan kompetitor. Yuk simak lebih lanjut beberapa contoh dan tips branding untuk produk makanan berikut ini.
Apa Itu Branding Produk dan Manfaatnya
Secara sederhana, branding dapat diartikan sebagai pencitraan. Istilah ini berasal dari kata brand yang artinya ‘merek’.
Jadi branding dapat diartikan sebagai pencitraan terhadap suatu brand atau produk, supaya produk tersebut bisa melekat di benak para konsumen.
Tujuan branding adalah membangun reputasi perusahaan dan citra positif di mata konsumen. Melalui pencitraan yang positif, maka konsumen pun tentu akan lebih percaya terhadap suatu brand.
Manfaat melakukan branding seperti memudahkan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan, meningkatkan daya tarik produk, pembeda dari bisnis kompetitor, hingga menjadi identitas unik bisnis.
Contoh Branding Produk Makanan
1. McDonald’s
Produk happy meal dari McDonald’s termasuk salah satu contoh branding yang berhasil hingga saat ini.
Memiliki logo sederhana dengan warna merah dan kuning yang cerah, Anda pasti bisa dengan mudah mengenali bisnis makanan cepat saji ini.
Keseragaman dan konsistensi pada branding produk merupakan salah satu kunci utama paket happy meal McDonald’s bisa menjadi sangat terkenal, terutama di Indonesia.
Selain itu, branding pada kemasan yang digunakan juga selaras dengan produk yang ditawarkan.
2. Indomie
Siapa yang tidak kenal dengan merek mie satu ini, bahkan sekarang produk Indomie bisa Anda temukan sampai di luar negeri seperti Jerman hingga Afrika.
Cara branding yang unik dengan jingle yang sangat melekat di ingatan.
“Indomie.. Seleraku..”, apakah Anda membaca tulisan ini dengan bernada? Ini membuktikan bagaimana jingle Indomie berhasil menarik konsumen.
Bukan hanya dari jingle, desain kemasannya yang menarik mampu mendukung value dari brand Indomie sebagai produk mie instan.
Sebab kemasan saat ini juga berfungsi untuk menarik perhatian calon konsumen untuk membeli suatu produk.
Tips Membangun Brand Produk Makanan Agar Mudah Dikenali
1. Membuat Logo dan Nama Brand yang Baik
Logo dan nama yang baik sangat penting bagi suatu brand sebelum mulai menjual produk kepada pelanggan.
Elemen ini akan membantu para pemilik usaha untuk mempresentasikan produknya. Seperti keunikan produk dibandingkan merek kompetitor sejenis, kegunaan produk, dan lain sebagainya.
Anda perlu membuat logo dan nama brand seunik mungkin, tapi pastikan tetap simpel dan sederhana supaya mudah diingat.
2. Gunakan Kemasan Produk yang Ramah Lingkungan dan Unik
Tips branding berikutnya yaitu dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan yang unik.
Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kemasan saat ini bukan hanya sekedar berfungsi untuk melindungi produk, tapi juga membuatnya terlihat lebih menarik untuk dibeli.
Di berbagai kota besar di Indonesia, tren gaya hidup ramah lingkungan banyak diminati, sehingga penggunaan kemasan ramah lingkungan dapat membuat branding produk bisnis Anda menjadi lebih kuat.
Menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli terhadap lingkungan, sehingga hal ini mampu meningkatkan value produk di mata konsumen.
3. Daftar Google My Business
Perusahaan mesin pencari yang sangat populer, Google, menawarkan fitur Google My Business untuk mendukung aktivitas pemasaran produk para pelaku usaha.
Melalui pemanfaatan fitur ini, Anda dapat mengoptimalkan strategi branding dan pemasaran untuk menjangkau lebih banyak orang.
Google My Business akan mempermudah calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai bisnis yang Anda jalankan.
Bagi industri bisnis FnB, retail, dan FMCG, peran Google My Business sangat penting agar brand kita eksis di pencarian online.
4. Tampilkan Foto Produk yang Menarik
Manusia pada dasarnya mudah tertarik dengan penampilan visual, sehingga Anda perlu menampilkan foto produk yang unik dan menarik pada kemasan produk Anda.
Adanya foto produk yang ‘wah’ membuat konsumen lebih mudah dalam memahami produk Anda, dibandingkan hanya menggunakan deskripsi produk saja.
Bisa dikatakan bahwa adanya foto produk yang menarik ini merupakan salah satu faktor penting dalam proses pemasaran.
5. Ikut Serta dalam Pameran / Festival Kuliner
Sesekali, Anda juga perlu ikut serta dalam pameran atau festival kuliner untuk mendukung branding usaha FnB Anda.
Karena melalui pameran atau festival ini, Anda bisa mengenalkan produk kepada masyarakat luas.
Melalui pameran, Anda juga dapat launching produk baru atau memberikan diskon khusus selama berjalannya acara untuk meningkatkan penjualan.
Selain itu, bisnis yang sering mengikuti pameran secara tidak langsung dapat menanamkan brand image kuat pada benak konsumen.
Bahkan, Anda juga sekaligus bisa mengenal kompetitor di bidang usaha yang sama.
6. Promosi Online dan Undang Influencer Kuliner
Tips branding produk lainnya yang dapat dilakukan yaitu promosi online melalui influencer kuliner. Cara ini perlu dipertimbangkan karena promosi secara offline saja tentu tidak cukup di era modern seperti sekarang.
Hampir semua bisnis sudah menggunakan internet untuk menjangkau calon konsumen, sehingga Anda pun tidak boleh ketinggalan.
Bekerjasama dengan influencer kuliner juga dapat memberikan keuntungan tersendiri. Terlebih lagi jika influencer yang diundang sudah memiliki pengaruh dan pengikut yang besar.
Tidak hanya mengenalkan bisnis Anda secara luas, namun cara ini bahkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk dengan cepat.
Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai contoh dan tips branding yang penting untuk diketahui. Beberapa cara di atas diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi.
Jika saat ini Anda sedang merintis bisnis FnB, tips branding di atas dapat diterapkan agar produk Anda dapat dikenal secara luas sehingga penjualan bisa meningkat.
Perhatikan juga kualitas produk hingga kemasan custom yang digunakan supaya dapat menarik perhatian konsumen lebih banyak untuk membeli produk Anda.